Minggu, 20 Desember 2009

Ragam Tulisan

Ragam Tulisan 

A. Narasi
adalah jenis karangan yang menceritakan rangkaian peristiwa/ pengalaman berdasarkan urutan waktu (kronologis).

Contoh paragraf narasi :

Ketika tersiar kabar bahwa Barbara Parker, seorang terapis dan psikolog anak terkemuka, mendadak meninggal, banyak pihak terkaget-kaget. Karirnya cukup cemerlang dan sebagai ilmuwan pun kapasitasnya tak pernah diragukan. Barbara tewas secara mengenaskan dengan puluhan luka di tubuh. Tragisnya, Barbara ternyata dibunuh oleh “orang dalam” yang telah mendampinginya selama puluhan tahun. Seiring kerja keras polisi mengungkap kasus ini, akhirnya tersingkap pula latarbelakang tewasnya sang praktisi kesehatan mental itu. Barbara yang selama ini disegani pasien ternyata bukab “orang suci” yang tak punya cela. Borok masa lalunya yang tak diketahui awam.

B. Deskripsi
adalah jenis karangan yang melukiskan/ menggambarkan suatu objek apa adanya sehingga pembaca ikut juga merasakan, mengalami, melihat dan mendengar apa yang ditulis si pengarang itu

Contoh paragraf deskripsi :

Saat memasuki rumah itu berdiri bulu kudukku. Suasananya gelap hanya cahaya dari senterku yang menerangi ruangan. Seperti Lawang Sewu, rumah inipun memiliki banyak pintu. Aku berjalan pelan-pelan dengan rasa takut. Dinding yang catnya sudah banyak yang mengelupas di sana-sini. Suara lantai kayu yang kuinjak berderit menambah ciut nyaliku. Aku melangkah hati-hati menaiki tangga kayu tua yang banyak berlubang. Sesampai aku di lantai dua, aku melihat cahaya kecil di ujung ruangan. Aku membuka tirai di depanku dan aku tek percaya dengan apa yang ku lihat.

C. Eksposisi
adalah jenis karangan yang bertujuan menambah pengetahuan pembaca dengan cara memaparkan informasi secara akurat.

Contoh paragraf eksposisi :

Tips Membersihkan Minyak Goreng Sisa
Setelah kita menggoreng tempe atau gorengan apapun terkadang minyaknya masih tersisa banyak tetapi minyak tersebut sudah kotor. Bukankah itu sangat saying jika minyaknya dibuang. Oleh karena itu ada tips untuk membersihkan minyak goreng yang telah digunakan agar dapat dipakai kembali. Caranya adalah:
• Setelah selesai menggoreng, kecilkan api kompor.
• Masukkan Sedikit (satu sendok boleh lebih tergantung banyaknya sisa minyak) nasi kedalam minyak tersebut.
• Diamkan sebentar seperti menggoreng tempe.
• Setelah kotoran sisa menggoreng menempel pada nasi, segera angkat nasi itu.
• Minyak goreng sisa kembali bersih dan dapat digunakan lagi.
Bagaimana? Selamat mencoba.


D. Argumentasi

adalah jenis karangan yang bertujuan memengaruhi pembaca dengan bukti-bukti, alasan/ pendapat yang kuat sehingga gagasan yang dikemukakan penulis dapat diyakini/ dipercaya oleh pembaca.

Contoh paragraf argumentasi :

Poligami sangat merendahkan derajat wanita. Bagaimana tidak? Laki-laki dengan mudah mempunyai istri lagi. Itu sangat merugikan dan mengesankan bahwa wanita-wanita itu murah harganya. Maka tidak sedikit wanita yang memilih menjadi pelacur daripada harus dimadu. Tidak sedikit pula wanita pelacur yang menjadi istri simpanan. Memang benar bahwa jumlah wanita lebih banyak daripada laki-laki. Namun, bagaimana perasaan istri pertama yang dimadu? Dalam hati kecil mereka pasti sangat tidak ingin suaminya memiliki dua istri bahkan lebih ataupun istri simpanan. Mereka berpikir pasti sudah tidak mempunyai ari lagi untuk suaminya sehingga suaminya mampu menduakan cintanya. Bukankah itu sangat merendahkan derajat wanita?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar